Selasa, 23 Februari 2010

Penulisan Ilmiah tentang Dataguard di Oracle

Berhubung saya sudah masuk ke semester 6, sudah waktunya kita,sebagai mahasiswa gunadarma berhadapan dengan Penulisan Ilmiah. Saya sudah menyiapkan 5 buah judul atau lebih tepatnya 6 tetapi saya punya 1 judul yang menjadi judul andalan saya yaitu " Analisis Kecepatan Failover pada Pengaplikasian Dataguard dengan menggunakan Oracle 10g". Apa itu Dataguard? Mungkin dapat lebih jelasnya saya berikan ilustrasi gambar dibawah ini :


Pada ilustrasi diatas, Dataguard dimaksudkan agar bila suatu saat database utama yang sedang berjalan tiba-tiba error atau terjadi bencana yang mengakibatkan database tersebut mati (Unplanned Downtime), kita dapat mengakses database standby yang ada di komputer server lain (komputer tersebut bisa terdapat di ruangan yang sama ataupun bertempat di daerah antar provinsi sekalipun,asalkan ada jaringan yang menghubungkannya). Sangat diusahakan perbedaan database utama dan database standby memiliki perbedaan transaksi sedikit mungkin dan kalau perlu dengan downtime 0 detik. Dataguard bisa berfungsi juga bila suatu saat komputer yang berisi database utama ingin diupgrade atau bisa dibilang Planned Downtime. Misalnya komputer server ingin diupgrade RAMnya,sehingga mengharuskan komputer tersebut dimatikan, sedangkan database harus tetap aktif 24 jam. Oleh karena itu dibutuhkanlah database standby yang berguna sebagai database cadangan yang sementara digunakan selayaknya database utama.

Kira-kira begitulah konsep sederhana dari penggunaan Dataguard pada Oracle. Dan dengan beralasan bahwa ini biasanya diimplementasikan di bidang Enterprise, dan juga banyak perusahaan yang membutuhkan database yang selalu aktif 24 jam, khususnya perusahaan Telekomunikasi, saya berharap judul saya diterima sebagai bahan penulisan ilmiah saya pada semester ini. Amiiin...

Tidak ada komentar: