Selasa, 23 Februari 2010

Kabel Serat Optik (Optical Fiber Cables )

Ini bisa dibilang lanjutan dari postingan saya sebelumnya mengenai Serat Optik juga sekilas sejarahnya. Di postingan saya selanjutnya saya akan sedikit membahas tentang kabel serat optik itu sendiri. Sebuah kabel serat optik terdiri dari beberapa lapisan, yaitu :
1. Core. Diameter : 8µm.
2. Cladding. Diameter : 125µm.
3. Buffer. Diameter : 250µm.
4. Jacket. Diameter : 400µm.

Core merupakan serat optik yang terbungkus dalam 3 lapisan. Cladding biasanya dilapisi dengan "Tough Resin Buffer Layer" dan kemudian dikelilingi oleh jacket (Lapisan Jacket), yang biasanya terbuat dari plastik. Lapisan-lapisan ini menambah kekuatan pada serat namun tidak berkontribusi pada pemanduan gelombang optik. Lapisan-lapisan tersebut terkadang menyerap cahaya antar serat, agar dapat mencegah kebocoran cahaya yang keluar dari satu serat dan masuk ke serat lain. Hal ini akan mengurangi "Cross Talk" atau komunikasi antar serat.

Kabel modern biasanya menggunakan semacam pelindung, karena dirancang untuk berbagai aplikasi, seperti dikubur dalam parit, isolasi tegangan tinggi, sebagai saluran listrik, instalasi di saluran, penggunaan di tiang-tiang telepon, kapal selam dan penyisipan di jalan-jalan beraspal.

Kabel serat optik tradisional bisa sangat fleksibel, namun jika serat dibengkokkan dengan jari-jari kurang dari 30mm dapat menciptakan masalah ketika kabel tertekuk atau robek di sekitar sudut di sekitar "spool", membuat instalasi semakin sulit.

Bendable Fiber / Serat yang dapat dibengkokkan agar dapat memudahkan instalasi di lingkungan rumah telah distandarisasikan sebagai ITU-T G 657. Jenis serat ini dapat dibengkokkan dengan jari-jari serendah 7.5mm tanpa dampak negatif. Serat optic yang dapat dibengkokkan ini pun dapat lebih tahan terhadap "Fiber Hacking" dimana sinyal didalam serat diawasi diam-diam dengan menekuk serat dan mendeteksi kebocoran.

Fiber Optic Cable Telecom Anatolia diperkuat dengan benang aramid atau benang kaca sebagai penguat perantara kabel. Penggunaan benang kaca lebih efektif saat tidak ada kerugian dalam ketahanan mekanik kabel. Benang kaca pun dapat melindungi kabel inti dari tikus dan rayap.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa serat optik memiliki banyak keunggulan dibandingkan kabel tembaga konvensional saat ini. Kelebihan-kelebihan serat optik diantaranya :
1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data.
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah
3. Kecil dan ringan
4. Imun / kebal terhadap gangguan elektromagnetik
5. Non penghantar
6. Tidak ada elektrik ataupun percikan api
7. Tidak berkarat

Referensi :  
http://en.wikipedia.org/wiki/Fiber_optic
http://id.wikipedia.org/wiki/Serat_optik

Tidak ada komentar: