Jumat, 09 Juli 2010

Arsitektur Oracle GoldenGate

Software GoldenGate yang baru saja diakuisi oleh Oracle Corporation sekitar akhir tahun 2009 lalu, memiliki kemampuan dalam mereplikasi data pada suatu transaksi dari satu database ke database yang lain dengan reliabilitas transaksi yang tinggi.(http://www.oracle.com/goldengate/index.html)
GoldenGate memiliki beberapa proses dan komponen utama yaitu :
  • GoldenGate manager process, yang mengontrol semua background process.
  • GoldenGate trail files, merupakan file dari data yang akan direplikasi.
  • GoldenGate extract process, yang melakukan ektraksi data dari redo log file yang ada di database oracle.
  • GoldenGate replicat process, yang akan mengambil data melalui proses CDC (Change Data Capture) ke lingkungan database target.


Arsitektur GoldenGate
Arsitektur dari GoldenGate terdiri dari beberapa proses dan komponen, yaitu :
  1. Extract
  2. Data pump
  3. Replicat
  4. Trails 
  5. Checkpoints
  6. Manager
  7. Collector


Gambar berikut mengilustrasikan arsitektur logis dari GoldenGate :


1. Extract
            Proses Extract berjalan di sistem sumber dan merupakan suatu mekanisme untuk mengekstraksi data pada database sumber. Pengkonfigurasian Extract dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
  1. Initial Load : Extract mengekstraksi sekumpulan data secara langsung dari objek sumber
  2. Change Synchronization : Untuk menjaga data sumber tetap sesuai dengan data di tempat lain, Extract mengekstraksi perubahan dari setiap transaksi yang idlakukan (insert, update, delete) setelah initial synchronization dilakukan. Perubahan pada perintah DDL pun dapat juga di-ekstrak.
            Extract menangkap semua perubahan yang terjadi terhadap objek yang sudah dikonfigurasikan sejak awal, namun hanya mengirim data dari transaksi yang telah di-commit. Setelah Extract menangkap semua transaksi yang telah di-commit, semua log record terhadap transaksi tersebut ditulis ke dalam trail files.

2. Data Pumps
Data pump adalah Extract tambahan yang dibuat di sistem sumber. Ketika data pump tidak digunakan, proses Extract akan melakukan pencatatan ke dalam remote trail yang berada di sistem target melalui TCP/IP. Jika data pump dikonfigurasikan, proses Extract akan melakukan pencatatan ke dalam local trail dan dari sini data pump akan membaca trail dan menyalinnya ke dalam remote trail yang ada di sistem target.

3. Replicat
Proses Replicat berjalan pada sistem target. Replicat membaca perubahan data yang telah di-ekstrak yang telah dispesifikasikan pada konfigurasi Replicat sebelumnya, dan kemudian direplikasikan ke dalam database target.

4. Trail
Untuk mendukung ekstraksi yang terus-menerus dam replikasi terhadap perubahan data pada database, GoldenGate menyimpan sementara perubahan dalam file yang dinamakan trail. Trail dapat berada di sistem sumber dan target atau diantara keduanya, tergantung konfigurasi dari GoldenGate itu sendiri. Pada sistem lokal, trail dinamakan extract trail (atau local trail). Pada sistem remote dinamakan remote trail.

5. Checkpoint
Checkpoint menyimpan posisi read dan write terbaru pada proses untuk tujuan recovery. Checkpoint memastikan perubahan database telah di-sinkronisasikan saat ekstraksi dan replikasi, dan menghindari proses redudansi.

6. Manager
Manager adalah proses kontrol dari Goldengate. Manager harus berjalan pada tiap sistem GoldenGate sebelum proses Extract dan Replicat dimulai. Manager memiliki beberapa fungsi, yaitu :
1.                  Memonitor dan me-restart proses GoldenGate.
2.                  Memelihara trail files dan log
3.                  Mengalokasikan ruang data storage
4.                  Pemberitahuan error dan kejadian
5.                  Menerima dan meneruskan request dari user interface.

7. Collector
Collector adalah proses yang berjalan pada proses background pada sistem target. Collector menerima ektraksi perubahan database yang dikirim melalui TCP/IP dan menuliskannya ke dalam trail. Manager menjalankan Collector secara otomatis ketika koneksi jaringan dibutuhkan.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah trima kasih bos......sangat membantu saya nih...kebetulan komputer saya rusak mom.exe..pasbaca artikel si bos....langsung saya coba....dan udah bener nih komputer saya bos...se x lg trima kasih atas
ilmunya....